Hasil Jepretan Nokia Lumia 920 Juga Diduga Palsu

Nokia kembali tersandung masalah mengenai teknologi kamera Pureview miliknya. Mereka sudah mengakui sedikit memalsukan hasil video rekaman pada kamera Lumia 920. Kini Nokia diduga kembali memalsukan kualitas jepretan kamera di seri yang sama.

Saat peluncuran Lumia 920, Nokia memamerkan beberapa foto yang diambil dengan memakai fitur Optical Image Stabilization (OIS). Tuduhan itu pertama dilontarkan oleh blog bernama Sefsar milik Youssef Sarhan. Ia menuding foto yang dipamerkan oleh Nokia diambil di Helsinki, Finlandia, memakai kamera DSLR.

Youssef curiga setelah melihat gambar lampu yang terlihat seperti bunga api (sparkle). Sedangkan untuk mengambil gambar seperti itu dibutuhkan kamera dengan aperture lensa f/22, seperti yang dimiliki DSLR. Sedangkan kamera Lumia 920 sendiri hanya memiliki aperture f/2.

Untuk memperkuat kecurigaan, Youssef memperlihatkan foto lain yang juga diklaim dijepret memakai Lumia 920. Dalam foto itu terlihat lampu yang ada di belakang model tidak tampak seperti bunga api, sesuai dengan aperture Lumia milik 920.

Seorang pengguna Hacker News dengan nickname exDM69 ikut memanaskan kecurigaan dengan mengunggah foto yang dijepret temannya. Di sana terlihat model yang dipakai Nokia berada di sebuah lokasi dengan set lighting yang sangat baik dan ada kamera DSLR. Hingga kini Nokia masih enggan mengomentari isu foto palsu ini.

Sebelumnya publik dihebohkan oleh kejanggalan iklan Nokia untuk memamerkan keampuhan fitur OIS di Lumia 920. The Verge menemukan bayangan janggal di dalam iklan yang membuktikan adegan itu diambil dengan memakai kamera video regular. Sedangkan Nokia sendiri sudah mengakui kesalahannya dengan berdalih itu merupakan simulasi semata.







 

Copyright 2009. Unik Dan Aneh | Serba Serbi Google | Translate | Design by Boogle