Sebuah Sikat Gigi Selamatkan Stasiun Ruang Angkasa


Sikat gigi tampaknya benda sepele namun itu berhasil menyelamatkan sebuah stasiun ruang angkasa bernilai USD 1 trilliun (Rp Rp 1 ribu triliun). Pasalnya, sikat gigi yang cuma Rp 30 ribu itu digunakan para astronot untuk memperbaiki mesin di stasiun luar angkasa mereka.

Astronot bernama Sunita Williams dan Akihido Hoshide melakukan pembersihan baut sebuah unit listrik disebut MBSU. Penggantian harus dilakukan karena MBSU tersebut mati padahal mesin itu digunakan untuk memasok listrik. Saat itu mereka harus berjuang di ketinggian tanpa gravitasi yang mengerikan selama 8 jam berusaha menyambung komponen-komponen.

Gagasan menggunakan sikat gigi tiba-tiba muncul setelah 10 jam mereka gagal untuk mengganti MBSU tersebut. Mereka menancapkan sikat gigi itu di pegangan untuk memudahkan jangkauan ke dalam baut yang kotor. Setelah 4 jam menggosok akhirnya baut itu bersih dan MBSU bisa diganti.

"Kalian seperti baru saja memperbaiki sebuah stasiun ruang angkasa," puji astronot Jack Fischer lewat radio dari pusat pengendalian NASA Johnson Space Center di Houston, Texas, Amerika Serikat. Saat ini ada enam astronot menghuni stasiun luar angkasa internasional yaitu 2 kosmonot NASA, 3 dari Rusia dan satu asal Jepang.

Sumber






 

Copyright 2009. Unik Dan Aneh | Serba Serbi Google | Translate | Design by Boogle