8 Fitur Tersembunyi Di Windows 7 Yang Perlu Anda Ketahui

Windows 7 merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer saat ini. Di samping tampilan antarmuka yang sangan menarik, fitur serta kecepannya yang maksi membuat orang memilih Windows 7 sebagai sistem operasi.
 namun, kebanyakan orang belum mengetahui beberapa fungsi shortcut yang tersembunyi yang bisa membantu pekerjaan dengan cepat.

fitur rahasia windows 7,shortcut windows 7,tombol cepat windows 7.tips windows 7

Berikut ini 8 fungsi/fitur tersembunyi yang belumbanyak diketahui yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat kerja/tugas aplikasi.

Windows Docking
Fitur dock windows adalah fitur untuk menggeser, mengecilkan, dan menampilkan jendela dalam ukuran penuh. Untuk melakukan Dock windows Anda bisa menekan tombol cepat/perintah shortcut berikut ini:

-  Tekan tombol logo windows+panah kiri atau logo windows+panah kanan untuk menggeser

- Tekan tombol logo windows+panah atas untuk maximize dan logo windows+panah bawah untuk restore

-   Tekan tombol windows+shift+panah atas agar jendela ke posisi maximize dan logo windows+shift+panah bawah untuk merestore

Mengontrol Aplikasi Taskbar
Anda bisa dengan mudah mengontrol aplikasi pada task bar dengan menekan tombol logo windows+T kemudian geserlah dengan anak panah, ke kiri atau kanan untuk memilih (membuka aplikasi) tekan enter dan untuk menghilangkan fokus, tekan Esc

Membuat pin Folder ke Fitur Explorer Jumplist
JIka Anda ingin mengakses folder yang ada di explorer secara cepat, Anda cukup mendrag folder yang Anda inginkan ke arah taskbar.

Berpindah ke jendela aktif yang terbuka (switching)
Secara manual Anda harus menyorot ke windows aktif dan mengekliknya, namun Ada tombol cepat yang bisa Anda gunakan yaitu menekan tombol logo windows+1, atau logo windows+2,3,4 ..dst (sesuai urutan aplikasi yang ada di status bar)

Meminimize semua jendela folder yang tidak aktif
Cara cepat untuk meminimize ketika Anda membuka banyak folder dalam windows yang berbeda adalah dengan mengklik title bar pada windows tersebut kemudian mengguncangkannya, maka otomatis windows tersebut akan terminimize atau dengan shortcut Logo windows+Home

Kalkulator
Fitur Calculator pada windows 7 bagi sebagian orang mungkin belum banyak yang tahu dan menganggapnya sederhana, padahal calculator pada windows 7 mempunyai banyak fungsi, mulai dari scientific,programming worksheet dll. Anda bisa mengubahnya melalui view

Inbuilt Screen Recorder
Windows 7 sebenarnya memiliki fitur perekam aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya, mulai dari arah kursor, dan semua aktivitas yang sedang dijalankan. Anda bisa merekamnya dengan mengaktifkan melalui menu start kemudian ketikan "problem steps recorder" maka akan muncul aplikasi perekam screenshot. Anda bisa mulai merekam dengan meklik tombol start dan mengakhiri dengan tombol stop. Screenshot yang terambil akan tersimpan sebagai MHTML dan folder penyimpanan bisa diseting sesuai keinginan Anda.

Display Projection
Saat melakukan presentasi dengan proyektor Anda bisa melakukan pengaturan mode proyektor dengan aplikasi Windows Mobility Center. Untuk membukanya Anda cukup menekan logo windows+X kemudian untuk mengatur mode proyektor tekan logo windows+P

Itulah beberapa fungsi shortcut yang mungkin belum ANda ketahui yang bisa digunakan untuk mempercepat kerja pada windows 7.
Semoga bermanfaat :@

 

Copyright 2009. Unik Dan Aneh | Serba Serbi Google | Translate | Design by Boogle