Mengkonversi kaset anda menjadi file digital (MP3)






Karena banyak sekali pertanyaan dimana bisa beli konverter dari kaset ke file MP3 (Grace Tape 2 USB dan PlusDeckEX) maka kami mencoba mencari tahu dimana di Indonesia bisa membelinya, sayangnya kami tidak bisa menemukannya.

Kabar baiknya, di internet banyak "bertebaran" cara mengubah kaset lama anda menjadi file digital (MP3) dengan biaya yang murah.

Yup, tidak usah beli atau pusing mencarinya, anda bisa melakukan itu semua dengan biaya murah kok.

Pertama-tama siapkan beberapa hal sebelum anda memulainya:

- Pemutar kaset (cassette player) yang bisa berupa walkman atau tape deck

- Kabel stereo (stereo Patch Cord) untuk menyambungkan walkman dengan kartu suara (sound card) yang terletak di belakang CPU. Anda bisa membelinya di toko-toko audio dengan harga yang pasti tidak mahal, pastikan ukurannya sesuai dengan headphone di walkman dan juga kartu suara tersebut.



- Aplikasi Audacity untuk merekam suara dari kaset ke bentuk digital. Jangan kuatir aplikasi ini adalah aplikasi Open Source yang berarti GRATIS.

- Satu lagi yang perlu anda download adalah LAMP MP3 Encoder yang digunakan untuk mengkonversi suara ke file MP3. Anda bisa mendownloadnya disini.

Sudah, cuma itu yang anda butuhkan, pasti biaya yang dikeluarkan kurang dari Rp. 100.000. Kecuali tidak punya walkman, kan bisa pinjam dari tetangga.



Sekarang, kita masuk ke prosedur perekaman:

Install file Audacity ke komputer anda, kemudian buka menu "Preferences" (Edit >> Preferences) dan pastikan "Channels" diset ke "Two" (dua).




Masih pada bagian yang sama, klik Tab "File Formats" dan konfigurasikan Audacity dengan LAME MP3 encoder dengan cara mengklik "Find Library" dan masukkan file "lame_enc.dll" yang terletak di folder Audacity. Setelah itu pilih Bit Rate yang diinginkan, untuk standar, kita bisa menggunakan 128.




Untuk memasukkan file "lame_enc.dll", caranya adalah file yang telah anda download sebelumnya (libmp3lame-win-3.98.2 dalam bentuk file ZIP), Copy and Paste file "lame_enc.dll" ke folder aplikasi Audacity (biasanaya terletak di C:\Program Files\Audacity).

Setelah semua prosedur diatas selesai dan kabel sudah disambungkan, saatnya memastikan bahwa antara walkman dengan komputer sudah tersambung.



Caranya dengan memutar walkman tersebut dan seharusnya anda akan mendengar suara tersebut di komputer. Anda juga bisa mengatur tingkat suara yang keluar di komputer dengan cara mengatur kontrol "Input Level".

Setelah semuanya sudah sesuai, anda bisa memulai merekamnya dengan cara menekan tombol "RECORD" di Audacity kemudian putar kaset yang sudah anda masukkan di walkman. Mudah kan??

Satu hal yang harus diperhatikan, bahwa mungkin anda perlu melakukan "Trial dan Error" untuk mendapatkan kualitas suara yang bagus.

Selamat mencoba dan semoga artikel kami bermanfaat.

Lihat Artikel selanjut nya : Cara Merekam Kaset Dalam Format MP3

Semoga bermanfaat

 

Copyright 2009. Unik Dan Aneh | Serba Serbi Google | Translate | Design by Boogle