Sejarah Tentang Emoticon

Siapa yang tak mengenal istlah emoticon ? Tentu saja kita sudah sangat akrab dengan istilah itu. Apalagi bagi yang keranjingan chating/messenger pasti sudah tak asing lagi dengan gambar lucu yang biasanya berwarna kuning tersebut. 
emoticon, emoticon lucu, daftar emoticon,internet
Foto : beritateknologi.com
Tapi tahukah Anda Sejarah Tentang Emoticon ?
Emoticon berasal dari gabungan dua kata Emotion dan Icon. Artinya, emoticon merupakan icon (gambar) yang mewakili kondisi emosional seseorang. Emoticon digunakan dalam komunikasi tekstual, atau tertulis yang tidak bisa melihat langsung ekspresi orang yang sedang diajak bicara.

Kapan Emoticon ditemukan ?
Emoticon pertama kali digunakan oleh Scott Fahlman seorang lektur di Universitas Carnegie Mellon Pennsylvania sekitar 30 tahun lalu, tepatnya 19 September 1982. Ketika itu dia menulis pesan  dengan menyisipkan kode emoticon ASCII murni. Emoticon ASCII murni yang ditruliskan oleh Scott tersebut baru ada dua jenis yaitu menggambarkan kesedihan dan kebahagiaan. Scott mendokumentasikan pesan tersebut dalam sebuah captured foto berikut ini.

Perkembangan emoticon saat ini.
setelah 30 tahun berlalu, kode emoticon semakin beragam variasinya. Tak ada lagi kode ASCII murni yang harus diketikan, karena sudah banyak emoticon grafis yang dikembangkan. Ekspresi yang diusung juga semakin banyak dan semakin lucu-lucu, sehingga sering disebut emoji. Emoticon saat ini menjadi sebuiah standar wajib yang harus ada pada sebuah layanan chating dan perpesanan.
 
 

Copyright 2009. Unik Dan Aneh | Serba Serbi Google | Translate | Design by Boogle