Kamus "nyeleneh" orang kantoran


This is to you all who really got the first job!.

Bagi sobat yang baru aja dapet kesempatan bekerja di perusahaan ataupun baru saja memulai perjalanan karir, ada baiknya sobat membaca artikel ini dulu. Lebih bagus lagi kalau sobat bisa hafal, dan syukur-syukur bisa mengerti beberapa perbendaharaan kata-kata baru ini. Terus emangnya kenapa harus baca??!

Alasannya klasik, motif yang pertama sudah barang tentu supaya artikel ini di baca, yang kedua karena kata-kata ini biasanya cuma bisa kita dengar saat berada di kantor, dan yang ketiga supaya anda bisa tersenyum. Penasaran kan??

Oiya, maaf sebelumnya kalau artikel ini agak panjang karena jujur saja memang artikelnya tidak pendek (kita juga kan pengennya karir kita bisa panjang, masa sih cuma pengen sehari-dua hari doang ngerasain gimana ademnya AC kantor??ngga mau kan?? ☺ )

Jadi terima saja ya, anggap aja sobat lagi proses “berenang-renang ke hulu, dikerokin kemudian”, ok (just kidding)

Oke deh, gimana kalau kita langsung intip satu-persatu.

ASAP
Singkatan dari As Soon As Possible, biasanya dipakai oleh atasan yang minta laporan dari bawahannya. Paling males dapet email yang subjectnya ASAP pake huruf gede, terus tanda serunya pula… lebih dari 2 biji lagi. Itu artinya emang URGENT banget (baca: urgent,bukan ujan). Biasanya laporan ini sifatnya dadakan dan ga sesuai sikon. Celakanya, bagi bawahan, laporan inilah yg biasanya paling lama dicuekin, padahal udah jelas banget ASAP bukannya KABUT, walhasil..WATDEZIGGG! Lembur sampe pagi!

TENTATIVE
Kata sakti yang biasanya dipakai untuk menjelaskan sesuatu di masa depan yang kurang jelas menjadi lebih gak jelas. Apalagi kalo dalam suasana meeting yang udah sangat gak produktif dan super ngebosenin, kalo bisa semua keputusan bersifat tentative. Yang penting cepet pulang terus molor. Itu yang paling enak dari kata-kata pamungkas TENTATIVE yang satu ini.

Jadi kalo udah mau ketiduran pas lagi rapat, bilang aja “hmmm,,kayanya tentative deh boss hasilnya..” dengan jidat rada berkerut supaya terkesan lagi mikir dan walhasil 5 menit kemudian bubar deh tuh rapatnya..hehehe. Amien..

MEETING
Harusnya sih RAPAT dalam EYD. Tapi mo gimana lagi? Dah bekennya begitu, kalo bilang rapat, kesannya mo ke pak RT atau pak Lurah aja.

TARUH DI MEJA SAYA
Salah satu dari sedikit kalimat berbahasa Indonesia yang dapat mewakili status si pengucapnya. Biasanya kalimat ini diucapkan oleh : Owner kepada Direktur. Direktur kepada GM. GM kepada Manager. Manager kepada Supervisor. Supervisor kepada Staff . Staff kepada OB dan terakhir OB kepada tukang bubur ayam. Kebayang kan ? Betapa susahnya kalo sang owner mo sarapan bubur?

COFFEE BREAK
Kebiasaan para pegawai malas yang tidak produktif. Sering dilakukan oleh bos atau para staff. Bos punya jadwal coffe break maksimal cuma 2 kali sehari dan melakukannya di ruangan sendiri. Nah, kalau staff sering mencoba melakukan gerilya coffe break sesering mungkin di pantry, kantin atau smoking room. Dan sering panik kalau bos tiba-tiba memanggil. Ketika ditanya kemana, alesannya kreatif dan variatif sekali. Fotokopi lah, ngejilid lah, toilet lah sampai alesan minta data dari komputer temen, gara2 YM-nya lagi trouble, bla..bla..bla

OVERTIME
Bahasa Indonesianya Lembur. Tapi for some reason, overtime lebih keren. Soalnya kalo lembur kayak OB or Driver aja.

PANTRY
Seharusnya sih tempat persiapan para OB untuk bikin kopi, nyiapin sarapan dan sejenisnya. Tapi sesuai kebutuhan dan kreatifitas daya khayal karyawan, ruangan ini bisa menjadi multifungsi sebagai smoking room, gossip room, breast pump room, dan room-room bagi komunitas underground lainnya. Pokoknya dari semua ruangan, pantry adalah ruangan paling top!

OB (OFFICE BOY)
Para malaikat penyelamat. Pahlawan tanpa tanda jasa. Percayalah, bila tak ada OB , niscaya hancur seluruh kegiatan ekonomi perusahaan.

24/7 (TWENTY FOUR SEVEN)
24 jam sehari 7 hari seminggu. Kalimat sakti para bos untuk mengintimidasi tangan kanannya, dengan diiming-imingi bonus yang masih berada di gray area (baca : Kerja rodi dulu, bonus belom tentu, tergantung jebolan proyek)

MESSENGGER
Teman seperjuangan OB. nasibnya kurleb sama dengan OB. Tapi bedanya mesangger lebih mobile karena tugasnya mengantarkan dokumen-dokumen penting. Pekerjaan nan mulia sungguh. Walau terkadang jadi korban tangan-tangan karyawan jahil yang ingin menitipkan kado ke pacar yg letak kantornya (teramat sangattttt) berjauhan.

TOILET
Selain tempat buang hajat n dandan, toilet bisa menjadi ruangan pemersatu umat. Dimana sekali seminggu, sebulan, setahun atau bahkan seumur hidup si kasta rendah bisa berada satu ruangan dengan si kasta agung (kalo beruntung malah dalam keadaan celana melorot, dasi kena kencing, kolor longgar, lagi ngeden, bau kentut dsb)

YM-an
Sejatinya, YM bisa berguna sebagai data transfer device yang sangat effisien tanpa harus melibatkan kehadiran flash disk. Namun ditangan-tangan orang yg tidak bertanggung jawab, software yang satu ini bisa berubah fungsi menjadi senjata mematikan!!.yaitu tempat pembicaraan kaum underground mengenai bentuk muka si bos yang aneh, ketidak puasan kebijakan management, sampai janji kencan after work antar oknum lain divisi.

FOLLOW UP
Kegiatan yang paling enak diucapin namun paling males dilakuin.

CONCERN
Bentuknya macem-macem.. ada Tax Concern, Managemet Concern. Salary Concern, Employees Concern Namun apapun dan bagaimanapun bentuknya, concern-concern-an ini pasti berujung dengan meeting nan membosankan yang sangat membuang-buang waktu dan tenaga.

KASBON
Selamat hari ini. Celaka hari esok.

REIMBURSEMENT
Kata benda yang sangat diharapkan kehadirannya oleh karyawan. Terutama bagi karyawan yang sangat mengabdi pada perusahaan. Karena bagi lidah orang Indonesia kata ini sangat sulit dilafalkan, maka dapat disingkat menjadi rembes atau rembesan. Contoh :

Eh cuy, rembesan gw dah keluar belom?
Belom nih cong, masih nyangkut di plafon
Dipercepat dong. Bokek nih
Beres. Jangan lupa traktirannya ya. Udah gw bantuin nih. Lo kan tau si bos paling lama soal begituan
Jadi, reimbursement juga dapat menjadi semacam pungutan liar bagi bagian keuangan.

MEETING ROOM.
Kalo di bahasa Indonesia-in kurleb artinya semacem ruang rapat or ruang tempat pertemuan rekan sejawat ataupun klien gitu. Tapi celakanya banyak juga oknum yang kemudian “menyalahgunakan” ruangan ini menjadi living room, music room, service room, tempat bobo-bobo ciang room, PDKT ke sekertaris room, pump breast room, dan nama room-room lain yang ekstrim..walahhh jan..! ☺
 

Copyright 2009. Unik Dan Aneh | Serba Serbi Google | Translate | Design by Boogle