Drifter Muda Indonesia Unjuk Gigi di Formula Drift AS



SATU lagi atlet muda dari dunia otomotif coba mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Drifter muda, Adwitya Amandio, coba menaklukkan kejuaraan Drift tingkat dunia di Amerika Serikat.

Amandio atau Dio menjajal kemampuan drifting-nya bersama tim William Syailendra Achilles (WSA) Drift Team dalam ajang Formula Drift (FD) Asia dan Formula Drift (FD) Amerika Serikat tahun ini.

Dio merupakan satu-satunya drifter Indonesia yang bisa menembus ajang internasional tersebut. Bahkan untuk kawasan Asean, hanya Indonesia yang bisa mengikuti ajang ini. "Untuk bisa ikut kompetisi ini, harus mengatongi prestasi di kawasan Asia dahulu," kata Dio  dalam jumpa pers di , Jakarta, akhir pekan lalu.

Meski di dalam negeri namanya belum banyak bergaung, Dio  sebenarnya sudah berkecimpung di FD Asia sejak tahun 2010 dan untuk FD AS, drifter 19 tahun itu menjajalnya mulai tahun lalu.

Pada 2010 Dio berhasil masuk 16 besar di Drift Singapura, Thailand dan juga Malaysia. Lalu tahun lalu Dio sukses menduduki posisi ketiga di akhir musim FD Asia (Dio &WSA mengikuti seluruh seri). Untuk FD AS, tahun lalu Dio hanya mengikuti dua seri, yakni Las Vegas dan Irwindale dan prestasi terbaiknya adalah finis di urutan 40 besar dari 60 drifter yang hadir.

Di musim 2012 ini, Dio dan timnya berencana mengikuti seluruh seri FD Asia yang berjumlah empat seri. Seri pertama dimulai di Malaysia pada Mei mendatang, lalu seri kedua Singapura bulan Juni, seri ketiga di Thailand pada September dan seri penutup akan digelar di Indonesia November.

Untuk FD AS sendiri, Dio dijadwalkan akan mengikuti lima dari tujuh seri yang ada. Lima seri itu adalah seri pertama di Long Beach (6-7 April), seri kedua di Atalanta (11-12 Mei), seri kelima di Monroe (20 21 Juli), seri keenam di Las Vegas (24-25 Agustus) dan seri penutup di Irwindale
(12-13 Oktober).

"Tim mengharapkan Dio dapat memenuhi target yakni masuk 4 besar di setiap seri FD Asia dan juga 8 delapan besar di FD Amerika Serikat. Selain itu gelar juara di seri pamungkas FD Asia di Jakarta November, Dio mudah-mudahan bisa menjadi juara," ujar Prinsipal Tim, William Edward
Daniel.

Dio berharap dia bisa meraih hasil terbaik saat lomba di Asia dan Amerika Serikat. "Ini demi membawa nama Indonesia juga di kancah Internasional. Saya ingin memperbaiki raihan saya tahun lalu di kedua event ini. Apalagi saya satu-satunya drifter Indonesia yang ikut ke sana," tandas Dio.

Sementara itu, Head of Global Marketing and Business Development Multistrada Arah Sarana Tbk, produsen ban Achilles, selaku pihak sponsor, mengatakan bahwa Dio merupakan bintang masa depan di dunia otomotif. "Dia adalah atlet yang terus berkembang dan selalu menunjukkan prestasi. Karena itu, kami selalu mendukung Dio sejak 2010 dalam berbagai event," katanya.

 

Copyright 2009. Unik Dan Aneh | Serba Serbi Google | Translate | Design by Boogle