betul New Ninja 250 ini tetap tenang saat direm deras, sebab pakai antilock brake system alias ABS. Itu yang benar.
Dari namanya, roda anti terkunci seketika walau direm kuat. Tidak peduli saat New Ninja 250 dalam keadaan betot gas kecepatan tinggi. Ninja akan mudah dan tenang berhenti, tanpa membuat pengedaranya panik. “Teknologi ABS harus dipakai, karena mesin New Ninja 250 telah berbasis supersports zaman sekarang,” kata Mitsuhiko Okada,Direktur Marketing PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) saat peluncurannya di The Ritz Carlton, Pacific Place, Ballroom 1A, Jakarta, 1 Agustus 2012, kemarin.
Injeksi, coating baru dan perbaikan leher kenalpot
Dari speksifikasi Ninja lama dan New, hanya naik 1 dk. Tetapi menghitungnya, tidak mentah begitu. Harus dimasak cara direbus atau digoreng kesimpulannya. Seperti mesin pakai silinder dan piston yang dicoating atau pelapisan metalurgi baru tingkat tinggi. Bobot blok silinder saja cuma 800 gram. Termasuk di dalamnya desain ulang leher kenalpot pada mesin ganda Ninja ini.
Belum lagi injeksi. Semua tahu, pengabut bahan bakar ini dipacu elektronik yang bekerja sesuai beban, suhu dan putaran mesin saat itu. Pada New Ninja ini katup throttle body-nya dibikin bertingkat. Yakni selongsong utama diameternya 28 mm dan disambut sub throttle 40.2 mm. Katanya untuk memanajemen aliran udara (airflow control) sehingga pengiriman daya berlangsung halus. Tidak ndut-ndutan atau serak alias fals, tapi merdu.
Rangka diperbaiki
Kaliper ABS
Dengan komposisi itu ditambah perbaikan rangka plus tapak roda lebih lebar, hasil akhirnya adalah motor gesit namun nyaman. Pengendara pun kian keasyikan nan terlena, inginnya ngebut terus, gas poool! Makanya buru-buru Kawasaki kudu melengkapinya dengan ABS.