Tips Perawatan Mata Untuk Pengguna Komputer

Pengguna komputer pastinya sering terpapar cahaya layar monitor secara terus menerus akibatnya timbul keluhan kelelahan mata dan ketidaknyamanan.
Hal yang menarik bahwa ada penelitian mengatakan bahwa monitor komputer memancarkan radiasi lebih sedikit berbahaya atau bahkan tidak ada, seperti x-ray atau sinar ultraviolet.  Jadi kelelahan tidak langsung disebabkan oleh paparan layar komputer melainkan oleh lingkungan sekitarnya layar komputer, seperti pencahayaan yang buruk atau posisi yang tidak tepat dari peralatan komputer dan perabotan komputer.
Regangan Mata yang berlebihan Computer Vision Syndrome (CVS) dapat menyebabkan mata gatal atau terbakar, penglihatan kabur atau ganda dan sakit kepala.  Semua gejala ini dapat menyebabkan frustrasi, iritasi meningkat dan ketidakmampuan untuk menyelesaikan satu pekerjaan seefisien mungkin tanpa perawatan mata yang tepat.
Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk melindungi mata Anda dari ketegangan dan kelelahan.  Berikut adalah beberapa saran:
  1. Perubahan ke Stasiun Komputer
    Tempatkan monitor pada jarak 20 sampai 30 inci atau sekitar panjang lengan anda dari mata Anda.
  2. Miringkan bagian atas monitor menjauh dari Anda pada sudut 10-20 derajat untuk menciptakan sudut pandang yang optimal.
  3. Ubah pencahayaan menjadi rendah.  Anda juga dapat menggunakan filter silau atas layar komputer Anda. 
  4. Latar belakang dinding atau struktur di belakang monitor tidak boleh terlalu keras atau mengilap karena akan mengalihkan perhatian Anda dan menyebabkan ketegangan untuk berusaha fokus pada layar.
  5. Sesuaikan kecerahan kontras yang baik antara huruf dan latar belakang.  Ganti segara monitor anda jika Anda melihat kedipan apapun.
  6. Selalu jaga kebersihan layar monitor dari debu dan sidik jari.
  7. Gunakan monitor LCD dan ganti segara jika anda menggunakan monitor CRT dan biasanya monitor LCD memiliki permukaan anti-reflektif.
  8. Jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam memasukkan data atau membaca dokumen yang panjang, coba menggunakan monitor yang lebih besar sehingga Anda dapat melihat tulisan pada layar komputer Anda dengan baik.  Anda juga dapat mencoba memperbesar ukuran font untuk mengurangi ketegangan mata.
  9. Gunakan kursi yang tepat dan disesuaikan saat duduk pastikan mata Anda sejajar dengan layar.
  10. Latihan Relaxing Mata
    Orang-orang cenderung menganggap remeh kedipan mata saat bekerja dengan komputer.  Mengedipkan mata Anda sesering akan membasahi mata Anda untuk mencegah kekeringan dan iritasi.  Semakin Anda berkedip semakin baik untuk mata Anda.
  11. Lihatlah benda yang berada jauh dari komputer Anda dengan menoleh kiri atau ke kanan setidaknya setiap 20 sampai 30 menit dan atau menatap sebuah objek yang jauh (minimal 20 meter) setidaknya selama 20 detik.
  12. Tutup mata Anda selama beberapa menit ketika menginput data atau pekerjaan Anda yang membutuhkan waktu yang lama untuk terselesaikan.
  13. Cobalah untuk memijat dan mengendurkan otot-otot di sekitar mata Anda sesekali.
  14. Perkuat otot-otot mata Anda dengan serangkaian latihan mata untuk mencegah ketegangan mata.
  15. Setiap 30 menit, gosok kedua telapak tangan Anda terhadap satu sama lain sampai telapak tangan menjadi hangat dan menempatkannya di mata Anda dan pastikan tidak ada celah cahaya.  Lakukan ini setidaknya selama satu menit, lebih lama jika Anda memiliki waktu yang tersedia untuk Anda.  Latihan ini akan memberikan mata Anda istirahat yang sangat dibutuhkan dari cahaya komputer dan penglihatan Anda akan menjadi jauh lebih jelas.
  16. Ambil waktu istirahat yang cukup untuk meregangkan dan mengembalikan energi anda seperti semula.  Bangkit dari kursi dan jalan-jalan keluar ruangan selama beberapa menit.  Berjalan beberapa menit tidak hanya akan memberikan kesegaran bagi mata Anda tetapi juga akan memberikan tubuh dan pikiran Anda menjadi santai.
Tips Umum 
  • Periksa mata anda secara rutin setiap tahun dengan dokter spesialis mata yang bersertifikat.
  • Jika memungkinkan, lepaskan lensa kontak dan menggunakan kacamata saat menggunakan PC.
  • Sering konsumsi makanan yang kaya vitamin (seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E) untuk menjaga kesehatan mata.  Dan setidaknya juga makan makanan seperti wortel, bayam, almond, salmon dll
Jika Anda menggunakan komputer sehari-hari maka tips di atas pasti akan membantu untuk merilekskan mata Anda dan meningkatkan produktivitas Anda dalam jangka panjang.

 

Copyright 2009. Unik Dan Aneh | Serba Serbi Google | Translate | Design by Boogle