Kawasaki New Ninja 250, Injeksi Vs ABS




Gabungan pengembangan suplai bahan bakar injeksi,  mesin, rangka, bodi dan  dituntaskan rem ABS  yang ditawarkan pada Kawasaki New Ninja 250. Maksudnya, performa meningkat, namun keamanannya jaminan mutu. Terutama oleh Asal Bapak Senang, ya ABS. Tes dulu ah, ciiiit...




betul New Ninja 250 ini tetap tenang saat direm deras, sebab pakai antilock brake system alias ABS Itu yang benar.
Dari namanya, roda anti terkunci seketika walau direm kuat. Tidak peduli saat New Ninja 250 dalam keadaan betot gas kecepatan tinggi. Ninja akan  mudah dan tenang berhenti, tanpa membuat pengedaranya panik. “Teknologi ABS harus dipakai, karena mesin New Ninja 250 telah berbasis  supersports zaman sekarang,” kata Mitsuhiko Okada,Direktur Marketing PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) saat peluncurannya di The Ritz Carlton, Pacific Place, Ballroom 1A, Jakarta, 1 Agustus 2012, kemarin.
Injeksi, coating baru dan perbaikan leher kenalpot
Insiden terjadi sebagian besar, karena rem konvensional akan mengunci roda. Saat terkunci motor akan oleng tiba-tiba dan pengendaranya jadi panik. Dengan ABS, roda tetap berputar simultan sehingga tidak menganggu kinerja redaman sokbreker saat terjadi pengereman deras. Pengendaranya tetap waras mengotrol New Ninja walau rem mendadak pada kecepatan tinggi.  Motor tetap lurus...


Dari speksifikasi Ninja lama dan New, hanya naik 1 dk. Tetapi menghitungnya, tidak mentah begitu. Harus  dimasak cara direbus atau digoreng kesimpulannya. Seperti mesin pakai silinder dan piston yang dicoating atau pelapisan metalurgi baru tingkat tinggi. Bobot blok silinder saja cuma 800 gram. Termasuk di dalamnya desain ulang leher kenalpot pada mesin ganda Ninja ini.
Belum lagi injeksi. Semua tahu, pengabut bahan bakar ini dipacu elektronik yang bekerja sesuai beban, suhu dan  putaran mesin saat itu. Pada New Ninja ini katup throttle body-nya dibikin bertingkat. Yakni selongsong utama diameternya 28 mm dan disambut sub throttle 40.2 mm. Katanya untuk memanajemen aliran udara  (airflow control) sehingga pengiriman daya berlangsung halus. Tidak ndut-ndutan atau serak alias fals, tapi merdu.
Rangka diperbaiki
Kaliper ABS












Dengan komposisi itu ditambah perbaikan rangka plus tapak roda lebih lebar, hasil akhirnya adalah motor gesit namun nyaman. Pengendara pun kian keasyikan nan terlena, inginnya ngebut terus, gas poool!
Makanya buru-buru Kawasaki kudu melengkapinya dengan ABS.
 

Copyright 2009. Unik Dan Aneh | Serba Serbi Google | Translate | Design by Boogle