UGM Luncurkan Mobil Listrik

img
Yogyakarta - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta meluncurkan mobil listrik rendah emisi. Mobil ini rencananya akan digunakan sebagai sarana transportasi di lingkungan kampus.

Mobil ini merupakan mobil yang dikembangkan oleh Tim Semar UGM. Sebelumnya UGM juga telah mengembangkan mobil/sarana transportasi hemat energi seperti mobil yang menggunakan konverter gas.

Acara peluncuran dilakukan di Balairung UGM di Bulaksumur Yogyakarta, Rabu (28/3/2012) oleh Rektor UGM Prof Ir Sudjarwadi, PhD bersama sejumlah relasi.

"Mobil ini untuk mendukung terciptanya kampus educopolis yakni dengan mengurangi jumlah sepeda motor di kampus dan memperbanyak penggunaan sepeda," kata Koordinator Mobil Listrik, Dr Jayan Sentanuhady.

Menurut dia, program mobil listrik rendah emisi UGM telah dikembangkan sejak tahun 2011 lalu. Mobil listrik rendah emisi ini berkapasitas 4-8 penumpang. Program mobil ini akan ditingkatkan menjadi berkapasitas 22 penumpang.

"Desain 100 persen oleh mahasiswa yang tergabung dalam tim Semar UGM. Sedangkan penyelesaian akhir kita outsource," ungkap Jayan.

 

Copyright 2009. Unik Dan Aneh | Serba Serbi Google | Translate | Design by Boogle