Bau Mobil Baru Ternyata Mengandung Senyawa Berbahaya

Bau mobil baru! Mungkin sebagian dari anda ada yang suka atau bahkan tidak suka sama sekali. Terlepas dari suka dan tidak suka akan bau tersebut pada pekan lalu, Pusat Ekologi Amerika merilis hasil penelitian yang cukup mengejutkan, dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa ada beberapa kandungan kimia berbahaya dari bau mobil baru tersebut. Penelitian ini dilakukan terhadap 200 mobil terpopuler di Amerika produksi 2011 dan 2012 dengan menguji kadar gas yang terkandung pada roda kemudi, dashboard, lengan jok dan jok.
awas!! Bau Mobil Baru Ternyata Mengandung Senyawa Berbahaya

Ternyata, Kandungan-kandungan kimia berbahaya yang ada pada material di dalam kabin yaitu VOC (volatile organic compound) yang sangat berbahaya jika sampai dihirup oleh manusia. selain itu terdapat juga senyawa berbahaya yang datang dari bahan-bahan lain, seperti bromin dan antimon berbasis flame raterdants yang terdapat pada bahan pembuat konsol tengah dan tempat duduk. Kemudian kromium, bahan kimia yang biasa ada pada komponen kulit dan fakta yang cukup mengagetkan adalah bahwa rata-rata bahan jok mengandung 400 ppm timbal.



"Penelitian ini menunjukan, ternyata mobil bisa sebagai reaktor kimia yang berbahaya," jelas Jeff Gearhart, Direktur Riset Pusat Ekologi Amerika.



Dari 200 mobil,paling banyak kandungan kimianya ditemukan pada Mitsubishi Outlander sport, Chrysler 300C dan KIA Soul. Sedang Honda Civic, Toyota Prius dan Honda CR-Z dinilai mobil paling aman dari senyawa tersebut.



Untuk saat ini memang tidak ada undang-undang yang mengatur tentang penggunaan senyawa kimia berbahaya tersebut. Tetapi, Gearhart berharap melalui hasil dari penelitian ini dapat memberikan pertimbangan untuk para pelaku industri otomotif agar mengganti bahan berbahaya yang mereka gunakan tersebut dengan bahan yang lebih ramah lingkungan dan aman untuk manusia. 
 

Copyright 2009. Unik Dan Aneh | Serba Serbi Google | Translate | Design by Boogle