Modifikasi Mazda RX-7 FC3S : Initial D Style

Bila anda pernah menonton film Initial D atau membaca komiknya, mungkin anda tak asing lagi dengan sosok mobil yang satu ini. Yup...!! Dalam perannya, Mazda RX-7 berkode FC3S dengan stiker merah bertuliskan RedSuns adalah rival berat tokoh utama Toyota Corolla AE86 dalam hal kelihaian bermanufer dengan teknik drifting.
 
Namun dibalik kemudi FC3S ini bukanlah Ryosuke Takahashi (salah satu pemeran Initial D), melainkan pria asal Surabaya bernama Rizal sebagai pemilik mobil sport legenda ini. Bila anda melihat plat nomornya, mungkin akan bertanya-tanya. Nah!! Plat berawalan DS yang menempel di mobil Mazda RX-7 ini rupanya berasal dari daerah Papua. “Mobil ini saya bawa dari Papua, karena  kebetulan waktu itu di Papua dapat ijin khusus bawa mobil bekas dari Jepang, dan yang dapat ijin itu kebetulan saya dan orang tua,” ungkap Rizal.

Mazda RX-7 FC3S Modifikasi
Mazda RX-7 FC3S Modifikasi 

Wow.. kebetulan juga mobil ini benar-benar JDM (Japan Domestic Market). Hal tersebut dapat terlihat dari stiker parkir khas negara Jepang yang menempel di kaca belakang. Kemudian spidometer hanya mencapai 180km/jam yang menjadi regulasi pemerintah negeri Sakura.

Mazda RX-7 FC3S Modifikasi 

Urusan modifikasi, pria yang tergabung dalam klub mobil SHIFT ini tak mau terlalu ekstrim karena ia masih tetap ingin mempertahankan jati diri aslinya. Di bagian eksterior, sang empunya melakukan dress-up dengan merubah cat aslinya yang berwarna abu-abu dengan warna putih. Kemudian Rizal mempermanis tampilan luar menggunakan custom bumper depan dan belakang.

Mazda RX-7 FC3S Modifikasi
Mazda RX-7 FC3S Modifikasi 

Agar kaki-kaki terlihat kekar, Rizal menggunakan velg Gram Light dengan diameter ring 18 inci yang didukung profil karet bundar Achilles ATR Sport 225/40-R18. Sementara, dalam mempercantik kaki-kaki agar terlihat serasi dengan body, Rizal mengaplikasikan suspensi coilover dengan label Tein.

Mazda RX-7 FC3S Modifikasi
Mazda RX-7 FC3S Modifikasi 

Dibalik kap mesin, Mazda RX-7 menggendong mesin berjenis rotary dengan kode 13BT yang dapat menyemburkan tenaga hingga 205 HP pada putaran mesin 6.500 RPM.

Mazda RX-7 FC3S Modifikasi 

Menurut Rizal, tenaga tersebut ternyata kurang nyentil. Tanpa merusak jeroan bawaan, Rizal hanya menambahkan perangkat untuk meningkatkan tenaga seperti saringan udara Greddy, exhaust system dari RS-R, busi HKS dan lain-lain.

Mazda RX-7 FC3S Modifikasi 

Mazda RX-7 FC3S Modifikasi 

Nah ... sekarang Rizal mirip dengan Ryosuke ya bos.

Data Modifikasi
Custom Bumper, Gram Light 18 Inch Wheels, Achilles ATR Sport 225/40-R18 Tyres, Tein Coilover Suspension, Bride Seat, Nardi Torino Steering Wheel, HKS Gauge Meter, Greddy Air Filter, Greddy Blow Off Valve, RS-R Exhaust System, Koyo Radiator System, HKS Spark Plugs, HKS Ground Wire, SARD Fuel Press Regulator, Carbing Oil Catch Tank.


 

Copyright 2009. Unik Dan Aneh | Serba Serbi Google | Translate | Design by Boogle